RPP K13 SMA Kelas X Bahasa Inggris Semester 1 dan 2 Lengkap
RPP K13 SMA Kelas X - Perangkat Kurikulum 2013 SMA kelas 10 lengkap kami sajikan dalam postingan kali ini. dimana isi dari RPP ini antara lain:
RPP Bahasa Inggris Kelas 10 SMA Lengkap Dengan Rincian Sebagai berikut:
1. Cover RPP Bahasa Inggris Kelas 10
2. RPP [Rencana Pelaksanaan Pembelajaran] Bahasa Inggris Kelas 10
3. Silabus Bahasa Inggris Kelas 10
4. Analisis KI KD Bahasa Inggris Kelas 10
5. Analisis Standar Kompetensi kelulusan Bahasa Inggris Kelas 10
6. Pemetaan Bahasa Inggris Kelas 10
7. Fotmat KKM Bahasa Inggris Kelas 10
8. Analisis alokasi waktu Bahasa Inggris Kelas 10
9. Analisis Kompetensi Bahasa Inggris Kelas 10
10. Lembar Penilaian Bahasa Inggris Kelas 10
11. Jurnal guru Bahasa Inggris Kelas 10
12. kalender pendidikan 2017-2018 Bahasa Inggris Kelas 10
13. Program tahunan Bahasa Inggris Kelas 10
14. program semester Bahasa Inggris Kelas 10
Analisis Kompetansi RPP K13 Bahasa Inggris Kelas X
Sekolah : SMA...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok : Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Jati Diri dan Hub. Keluarga
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
• KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
• KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
• KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
RPP Bahasa Inggris Kelas 10 SMA Lengkap Dengan Rincian Sebagai berikut:
1. Cover RPP Bahasa Inggris Kelas 10
2. RPP [Rencana Pelaksanaan Pembelajaran] Bahasa Inggris Kelas 10
3. Silabus Bahasa Inggris Kelas 10
4. Analisis KI KD Bahasa Inggris Kelas 10
5. Analisis Standar Kompetensi kelulusan Bahasa Inggris Kelas 10
6. Pemetaan Bahasa Inggris Kelas 10
7. Fotmat KKM Bahasa Inggris Kelas 10
8. Analisis alokasi waktu Bahasa Inggris Kelas 10
9. Analisis Kompetensi Bahasa Inggris Kelas 10
10. Lembar Penilaian Bahasa Inggris Kelas 10
11. Jurnal guru Bahasa Inggris Kelas 10
12. kalender pendidikan 2017-2018 Bahasa Inggris Kelas 10
13. Program tahunan Bahasa Inggris Kelas 10
14. program semester Bahasa Inggris Kelas 10
Analisis Kompetansi RPP K13 Bahasa Inggris Kelas X
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS X
|
|
SEMESTER
|
|||
1
|
2
|
||
1
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
|
√
|
|
2
|
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek
dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
3
|
3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
√
|
|
4
|
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
sederhana yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji
bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
5
|
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would
like to)
|
√
|
|
6
|
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek
dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
||
7
|
3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
√
|
|
8
|
4.4 Teks deskriptif
4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek
dan sederhana terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal
4.4.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
||
9
|
3.5 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
||
10
|
4.5 Teks pemberitahuan (announcement)
4.5.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan
(announcement)
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement),
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
||
11
|
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan
kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
|
||
12
|
4.6 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
||
13
|
3.7 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait peristiwa bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya
|
||
14
|
4.7 Teks recount – peristiwa bersejarah
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis terkait
peristiwa bersejarah
4.7.2 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
terkait peristiwa bersejarah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
||
15
|
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
||
16
|
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana
terkait legenda rakyat
|
||
17
|
3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu
terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
|
||
18
|
4.9 Menangkap makna terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan
secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok : Teks Interaksi Transaksional; Informasi Terkait Jati Diri dan Hub. Keluarga
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 2 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
• KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
• KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
• KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan
hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
·
Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
·
Mengidentifikasi perbedaan cara
pengungkapan dari masing-masing konteks
·
Memahami struktur teks ungkapan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
·
Memahami unsur kebahasaan dari
ungkapan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan
keluarga
|
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
· Menyusun kalimat meminta infromasi terkait jati diri dan keluarga teman
· Menanggapi permintaan informasi terkait jati diri dan keluarganya
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Mengidentifikasi ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
- Mengidentifikasi perbedaan cara pengungkapan dari masing-masing konteks
- Memahami struktur teks ungkapan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
- Memahami unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
- Menyusun kalimat meminta infromasi terkait jati diri dan keluarga teman
- Menanggapi permintaan informasi terkait jati diri dan keluarganya
D. Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial
Mengenalkan, menjalin hubungan interpersonal dengan teman dan guru
Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
Unsur Kebahasaan
- Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya; hobi, kebiasaan
- Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense)
- Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It
- Kata ganti possessive my, your, his, dsb.
- Kata tanya Who? Which? How? Dst.
- Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
E. Metode Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
1. Media
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Lembar penilaian
2. Alat/Bahan
Penggaris, spidol, papan tulis
Laptop & infocus
G. Sumber Belajar
- Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X, Kemendikbud, Revisi Tahun 2016
- Kamus Bahasa Inggris
- Pengalaman peserta didik dan guru
Kegiatan Penutup :
Peserta didik :
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb. yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb. yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
- Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Kolom Download RPP K13 SMA Kelas X Bahasa Inggris | |
---|---|
Via MediaFire |
mantaps RPP K13 SMA Bahasa Inggrisnya.... Terimakasih sangat Lengkap
ReplyDeleteSangat membantu.
ReplyDeleteTerimakasih