RPP K13 SMA Fisika Kelas X Semester 1 dan 2 Lengkap
RPP K13 SMA Fisika - Sahabat Dunia Pendidikan yang berbahagia, Kurikulum 2013 sekarang sudah direvisi lagi untuk tahun 2017. Revisi K13 Tahun 2017 tidak terlalu signifikan, namun perubahan di fokuskan untuk meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).
Sedangkan dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.
RPP K13 SMA Fisika Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :
Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).
baca juga : Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Sistem Pendidikan Nasional
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :
Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan perluasan dapat berupa:
Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Sedangkan dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.
RPP K13 SMA Fisika Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :
Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).
baca juga : Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Sistem Pendidikan Nasional
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :
Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan perluasan dapat berupa:
Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Kompetensi Inti
|
|
---|---|
• KI-1 dan KI-2 | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”. |
• KI 3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
• KI4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan |
Kompetensi Dasar
Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium
Indikator :
- Mengamati tentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
- Mengamati tentang hubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
- Mengamati tentang prosedur ilmiah,
- Mengamati tentang keselamatan kerja di laboratorium
- Mengamati tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di laboratorium
- Mendiskusikantentang fenomena Fisika dalam kehidupan sehari-hari
- Mendiskusikan tentangghubungan Fisika dengan disiplin ilmu lain
- Mendiskusikan tentangprosedur ilmiah
- Mendiskusikan tentangkeselamatan kerja di laboratorium
- Mendiskusikan tentang prosedur ilmiah dalam hubungannya dengan keselamatan kerja di laboratorium
- MenyimpulkantentangfenomenaFisikadalamkehidupansehari-hari
- Menyimpulkan tentang ilmu Fisika dan hubungannya dengan disiplin ilmu lain
- Menyimpulkan tentang prosedur ilmiah
- Menyimpulkan tentang keselamatan kerja di laboratorium
- Menyimpulkantentangprosedurilmiahdalamhubungannyadengankeselamatankerja di laboratorium
Analisis Kompetensi Lulusan :
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS X
|
|
SEMESTER
|
|||
1
|
2
|
||
1
|
3.1 Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan,
metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium
|
√
|
|
2
|
4.1 Membuat prosedur kerja ilmiah dan keselamatan kerja misalnya
pada pengukuran kalor
|
||
3
|
3.2. Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan,
ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah
|
√
|
|
4
|
4.2. Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya
dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah
angka penting untuk suatu penyelidikan ilmiah
|
||
5
|
3.3. Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya
perpindahan)
|
√
|
|
6
|
4.3. Merancang percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang
(misalnya perpindahan) beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
|
||
7
|
3.4 Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan
kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap)
berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu
lintas
|
√
|
|
8
|
4.4 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki
sifat gerak benda yang bergerak lurus
dengan kecepatan konstan (tetap) dan bergerak lurus dengan percepatan
konstan (tetap) berikut makna fisisnya
|
||
9
|
3.5. Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut
makna fisisnya dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
√
|
|
10
|
4.5. Mempresentasikan data hasil percobaan gerak parabola dan makna
fisisnya
|
||
11
|
3.6. Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju
konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
√
|
|
12
|
4.6. Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya tentang gerak
melingkar, makna fisis dan pemanfaatannya
|
||
13
|
3.7 Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya,
massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
√
|
|
14
|
4.7 Melakukan percobaan berikut presentasi hasilnya terkait gaya
serta hubungan gaya, massa dan percepatan dalam gerak lurus benda dengan menerapkan
metode ilmiah
|
||
15
|
3.8. Menganalisis keteraturan gerak planet dan satelit dalam
tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
|
√
|
|
16
|
4.8. Menyajikan karya mengenai gerak satelit buatan yang mengorbit
bumi, pemanfaatan dan dampak yang ditimbulkannya dari berbagai sumber
informasi
|
||
17
|
3.9. Menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha
(kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya
dalam peristiwa sehari-hari
|
√
|
|
18
|
4.9. Menerapkan metode ilmiah untuk mengajukan gagasan penyelesaian
masalah gerak dalam kehidupan sehari-hari, yang berkaitan dengan konsep
energi, usaha (kerja), dan hukum kekekalan energi
|
||
19
|
3.10. Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan
momentum dalam kehidupan sehari-hari
|
√
|
|
20
|
4.10. Menyajikan hasil pengujian penerapan hukum kekekalan momentum,
misalnya bola jatuh bebas ke lantai dan roket sederhana
|
||
21
|
3.11. Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan
sehari-hari
|
√
|
|
22
|
4.11. Melakukan percobaan getaran harmonis pada ayunan sederhana
dan/atau getaran pegas berikut presentasi serta makna fisisnya
|
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 SMA Kelas X
Berikut ini adlah tempat untuk mengunduh RPP Fisika Kelas X Semester 1 dan 2 Lengkap / ganjil dan genap Kurikulum 2013.
Kolom Download RPP K13 SMA Fisika Kelas X | |
---|---|
Via MediaFire |
0 Response to "RPP K13 SMA Fisika Kelas X Semester 1 dan 2 Lengkap"
Post a Comment