Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Dalam artikel sebelumnya, kami telah menyebutkan pengertian ekonomi menurut para ahli ekonomi dunia maupun nasional. Namun, karena ada pembaca yang rikewes untuk dijelaskan tentang pengertian ilmu ekonomi secara umum. Maka kami tuliskan artikel yang lebih singkat dari yang sebelumnya. Mungkin yang rikewes terlalu pusing jika harus memadukan banyak pendapat para ahli.

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum
Adam Smith & Karyanya tentang Ekonomi

Pengertian Ekonomi Secara Bahasa

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yang tersusun dari dua suku kata yaitu oikos dan nomos.Oikos memiliki arti  rumah, sedangkan nomos artinya aturan. Jadi secara bahasa, ekonomi artinya suatu aturan yang mengatur tata cara berumah tangga.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Jika Ekonomi berarti aturan berumah tangga, maka ilmu ekonomi akan kita difinisikan sedikit berbeda. Ilmu ekonomi adalah aturan rumah tangga atau management rumah tangga. Yang lebih detailnya dapat kita devinisikan sebagai salah satu disiplin ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berkaitan  dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Ada beberapa hal pokok yang diperhatikan dalam pengaturan rumah tangga, yaitu:

  1. Cara memperoleh penghasilan untuk membiayai rumah tangga.
  2. Mengatur antara pemasukan dan pengeluaran untuk mencapai keseimbangan (balance).
  3. Membuat skala prioritas dari barang yang akan diperlukan.
  4. Tindakan penghematan dan penyediaan dana cadangan untuk keperluan yang tidak terduga.

Keempat hal pokok tersebut dalam ekonomi tujuannya tidak lain adalah untuk mencapai kemakmuran, sekalipun penghasilan yang diperoleh kecil. Dalam hal ini, kemakmuran adalah suatu kondisi dimana manusia dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupnya akan barang dan jasa.


0 Response to "Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel