Contoh Mata Pencaharian Penduduk Pantai, Dataran Rendah dan Dataran Tinggi

Anda tentu mengetahui bahwa sebagian besar mata penca-harian di Indonesia ialah bertani (petani). Hal ini dipengaruhi oleh kondisi geografis di Indonesia. Selain bertani, mata pencaharian lainnya ialah menangkap ikan (nelayan). Berikut ini ialah mata pencaharian yang ada di Indonesia berdasarkan pembagian daerahnya.

a. Mata Pencaharian Penduduk Daerah Pantai
Daerah pantai yang landai merupakan lahan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, karena selain lautnya tenang juga pantai yang landai merupakan tempat yang kaya akan ikan. Kehidupan penduduk di provinsi yang wilayahnya berupa kepulauan dengan pulau-pulau kecil, seperti Nusa Tenggara dan Kepulauan Maluku. Pada umumnya, selain menangkap ikan, mereka juga menyelam untuk mengambil mutiara dan budidaya rumput laut dan kerang mutiara. Sedangkan, di daratan pantai nelayan membudidayakan tambak ikan, komoditi yang diunggulkan ialah bandeng dan udang.

bentuk permukaan bumi

b. Mata Pencaharian Penduduk Daerah Dataran Rendah
Daerah rendah yang landai merupakan lahan yang baik untuk pembudidayaan pertanian, perkebunan, palawija, dan lain-lain. Kondisi yang demikian makin mendukung karena iklim Indonesia yang tropis menyebabkan lamanya penyinaran sinar matahari terhadap bumi banyak menyebabkan turunnya curah hujan dan banyaknya proses pelapukan, baik yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan maupun yang terjadi pada bebatuan. Hal ini memungkinkan suburnya tanah yang ada di wilayah Indonesia. Selain dimanfaatkan untuk  ertanian, perkebunan, atau palawija, dataran rendah yang landai juga menyimpan potensi yang lain, contohnya terdapat sungai-sungai dan danau yang airnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kehidupan.

c.  Mata Pencaharian Penduduk Daerah Dataran Tinggi
Dengan relief yang beranekaragam, Indonesia juga memiliki  wilayah yang beriklim. Junghun telah membuat zonasi yang didasarkan pada ketinggian tempat, karena ketinggian tempat sangat berpengaruh terhadap suhu udara. Zonasi, artinya pembatasan wilayah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut. Dengan zonasi ini, Indonesia dapat merealisasikannya dalam hal teknik kesesuaian cuaca, contohnya untuk kelapa dan tebu ditanam di daerah tropis, tetapi jika dipaksakan menanam di daerah dataran tinggi, hasilnya tidak akan memuaskan.  Pada ketinggian antara 700 meter sangat cocok  untuk perkebunan karet, lebih dari 700 meter lebih sangat cocok  untuk ditanami erkebunan teh, dan di atas 1.000 meter sangat cocok  untuk ditanami hutan pinus.

Selain mata pencaharian, perbedaan relief permukaan bumi jug berpengaruh pada hal-hal lain seperti bentuk rumah, alat transportasi dan kebiasaaan.

Bentuk Rumah, Pakaian, Kebiasaan
Sehari-Hari yang Menunjukkan Keadaan yang berbeda-beda Kamu tentu mengetahui bahwa di Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, dan tentunya memiliki ciri khas dari suku-suku tersebut. Ciri khas yang dimiliki dapat dilihat dari bentuk rumah, pakaian yang dikenakan, dan kebiasaan sehari-hari yang menunjukkan keadaan yang berbeda-beda. Misalnya, bentuk rumah di pantai biasanya tinggi-tinggi  dan berventilasi besar, kadang tidak memakai langit-langit dan banyak  memiliki serambi atau beranda. Sedangkan, untuk rumah di dataran tinggi rumahnya pendek-pendek, rapat, dan berventilasi kecil.

Alat Transportasi
Alat transportasi, terutama yang masih bersifat tradisional akan  berbeda antara yang di pantai, dataran rendah ataupun yang di dataran tinggi (pegunungan). Perbedaan ini dapat kamu lihat dari alat transportasi yang digunakan. Misalnya, di daerah pegunungan alat transportasi yang digunakan berupa hewan, seperti kuda atau sapi.

Adat Kebiasaan
Adat kebiasaan dalam berbicara, bertatakrama, dan berpakaian  antara penduduk pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi tidak akan sama. Orang pantai biasanya berpakaian terbuka, seperti menggunakan kaus, celana pendek. Hal ini disebabkan karena suhu di daerah pantai panas. Sedangkan, di dataran tinggi biasanya orang berpakaian tertutup. Hal ini disebabkan karena suhu di dataran tinggi atau daerah pegunungan dingin.

Macam Mata Pencaharian Akibat Pengaruh Perbedaan Relief Permukaan Bumi . Baca juga Macam-macam Relief Daratan dan Relief Dasar Laut   dan Pengertian Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen disertai Contohnya .

0 Response to "Contoh Mata Pencaharian Penduduk Pantai, Dataran Rendah dan Dataran Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel