Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru

Contoh Surat Lamaran Kerja - Pekerjaan yaitu satu hal yang sangat mendasar bagi setiap orang alasannya yaitu pastinya sebagai insan kita sangat membutuhkan biaya atau uang. Karena jikalau kita tak mempunyai uang atau biaya sama sekali untuk menghidupi diri, kita bisa mati alasannya yaitu tak bisa untuk membeli banyak sekali kebutuhan hidup, menyerupai makanan, minuman, pakaian, dan kebutuhan suplemen menyerupai TV, sepatu, tas, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan uang demi membiayai hidup, kita harus bekerja, entah itu kerja di bawah naungan sebuah perusahaan atau dengan membuka perjuangan milik sendiri atau disebut juga pengusaha. Kebanyakan orang dikala ini lebih memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan ketimbang membuka lapangan pekerjaan, alasannya yaitu kurang mempunyai kemauan, tidak mau mengambil resiko, atau bisa juga dikarenakan tidak mempunyai keahlian khusus.

Surat lamaran pekerjaan memang sudah menjadi sub bahsan wajib dalam pelajaran bahasa Indonesia. Biasanya materi ini mulai diberikan kepada anak didik di sekolah tingkat mengenah yang tentu saja akan segera berhadapan dengan dunia kerja. Meskipun materi ini memang kurang diminati, entah alasannya yaitu memang kurang menarik ataupun alasannya yaitu si guru kurung bisa menarik minat anak didik, padahal banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari materi ini. Salah satunya yaitu perihal bagaimana karakteristik surat lamaran kerja yang baik, langkah-langkah pembuatan surat lamaran kerja, serta bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya supaya menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum menciptakan surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan dan memperhatikan kriteria menyerupai di bawah ini :

1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
    Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan memakai bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.

2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
  Jangan lupa memakai kalimat yang sopan, dan jangan memakai kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

3. Usahakan menulis manual dengan rapi

    Hingga dikala ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual memakai ballpoint, alasannya yaitu akan gampang menilai kepribadian seseorang dari hasil goresan pena tangannya sendiri. Upayakan supaya tidak kotor dan corat-coret goresan pena anda.

4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
    Jangan lupa melengkapi surat-surat yang diperlukan ataupun disyaratkan dari peusahaan

5. Lampirkan akta pendukung lainnya
   Jika ada akta lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda

Tips menciptakan surat lamaran pekerjaan  

  1. Mengandung kualifikasi atau ke ahlian penulisannya.
  2. Memiliki sumber lamaran, yakni dari mana pelamar memperoleh informasinya
  3. Mengandung keinginan pelamar secara jelas, kualifikasi penulis lamaran, mencakup :

  • Nama lengkap
  • Tempat tanggal lahir,
  • Jenis Kelamin
  • Status ( Sudah kawin/Belum )
  • Agama
  • Alamat
  • Pendidikan, dan
  • Pengalaman kerja


Biar anda tidak salah menciptakan referensi surat lamaran kerja, saya akan membagikan tips referensi bagai mana cara menciptakan surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Ada pun tips referensi surat lamaran pekerjaan sebagai berikut :


  1. Tempat dan tanggal penulisan harus terang sempurna dan memakai kata-kata yang sopan
  2. tentukan Perusahaan yang ingin di tujukan
  3. Salam hormat
  4. Menggunakan kata pengantar yang terang Singkat, padat, informatif dan sempurna sasaran.
  5. Isi Biodata langsung anda dengan se-jujur-jujurnya dan memakai bahasa indonesia yang jelas.
  6. jangan lupa isi Pengalaman kerja dan skill anda untuk menambah satu nilai +
  7. tujuan serta cita-cita anda bekerja 
  8. Penutup

 Pekerjaan yaitu satu hal yang sangat mendasar bagi setiap orang  alasannya yaitu pastinya seba Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru

Contoh Surat Lamaran Kerja

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia  
PT. Lentera Jaya Bagus
Jl. Lakon Cahaya Utama No.18
Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan warta adanya lowongan pekerjaan dari PT. Lentera Jaya Bagus yang saya dapatkan dari harian Radar Balikpapan pada tanggal 10 Juni 2015 Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bab pekerjaan yang saya maksudkan yaitu bab Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Lentera Jaya Bagus.

Berikut ini yaitu biodata singkat saya
Nama                         : Zaki Fals
Tempat / tgl. lahir        : Tasikmalaya, 12 Juni 1992
Pendidikan Terakhir    : S1 Manajemen Informatika
Alamat                        : Kp. Nagrak kecamatan Jamanis Tasikmalaya
Telepon (HP)              : 08234456678189

Dan pada dikala ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga sanggup mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, menyerupai Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Ijazah S1
  • Foto Copy Transkrip Nilai
  • Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
  • Foto 3x4 yang terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan supaya saya sanggup menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa mempunyai kegunaan untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dikala ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.


Hormat Saya,

Zaki Fals

Contoh Surat Lamaran Kerja

Di bawah ini diberikan referensi Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Indonesia, yang mewakili banyak sekali kondisi dan situasi dari pelamar.
Semoga 10 referensi surat ini sanggup membantu anda
Cibinong, 14 Mei 2015
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Hand's Parmantindo
Jl. Raya Bumi Sentoda No. 5
Cibinong

Dengan hormat,
Bpk. Bambang Satrio, seorang ajudan editor di PT. Hand's Parmantindo, menginformasikan kepada saya perihal rencana pengembangan Departemen Finansial PT. Hand's Parmantindo.
Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam rencana pengembangan PT. Hand's Parmantindo.
Mengenai diri saya, sanggup saya jelaskan sebagai berikut :

Nama
Tempat & tgl. lahir
Pendidikan Akhir
Alamat
Telepon, HP, e-mail
Status Perkawinan : Florentina Putri
: Probolinggo, 5 Agustus 1979
: Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila - Jakarta
: Perum Bojong Depok Baru 1, Blok ZT No.3, Cibinong 16913
: 021 - 87903802, HP = 0817 9854 203, e-mail = putri.flo@gmail.com
: Menikah.

Saat ini saya bekerja di PT. Flamboyan Bumi Singo, sebagai staf akuntasi dan perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang finance dan perpajakan.
Sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1.
Foto copy akta kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Besar cita-cita saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan sanggup menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Florentina Putri


Jakarta, 14 Mei 2015

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur


Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, menyerupai yang termuat di harian Kompas tanggal 12 Mei 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.
Data singkat saya, menyerupai berikut ini.


Nama
Tempat & tgl. lahir
Pendidikan Akhir

Alamat
Telepon, HP, e-mail
Status Perkawinan : Benny Kasmanto
: Bukit Tinggi, 19 Februari 1976
: Sarjana Manajemen Universitas Islam As-Syafi'iyah (UIA) - Jakarta
(Konsentrasi Manajemen Pemasaran)
: Perum Bumi Sentosa Blok A.5 Bekasi
: 021 - 87914990, 0815 965 5695, benny_kas07@yahoo.co.id
: Menikah

Saya mempunyai kondisi kesehatan yang sangat baik, dan sanggup berbahasa Inggris dengan baik secara ekspresi maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta mempunyai kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan memakai komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, menyerupai Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya bahagia untuk belajar, dan sanggup bekerja secara berdikari maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
Foto copy akta kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk menawarkan kesempatan wawancara, sehingga saya sanggup menjelaskan secara lebih terperinci perihal potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,



Benny Kasmanto

Contoh ke 3.

Contoh Surat Lamaran Kerja I - Bagian Akuntasi / Keuangan

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,

Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Permata Indah Berlian
Jl. Seruling Senja No 45 Pasar Rebo
Jakarta Timur.

Dengan hormat,

Bpk. Steven Karet, seorang ajudan editor di PT. Permata Indah Berlian, menginformasikan kepada saya perihal rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Departement Finansial PT. Permata Indah Berlian.
Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bab dalam rencana pengembangan PT. Permata Indah Berlian tersebut.

Mengenai diri saya, sanggup saya jelaskan sebagai berikut :
Nama : ......................................
Tempat & tgl. lahir : ......................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ...................................... (single/nikah)
Saat ini saya bekerja di PT. Emas Murni Sejati, sebagai staf Pembukuan dan Perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang entri data keuangan dan perpajakan.


Sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan :


Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1.
Foto copy akta kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Besar cita-cita saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan sanggup menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.


Hormat saya,


Contoh ke 4.

Contoh Surat Lamaran Kerja II - Bagian Marketing


Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gunung Sebelah
Jl. Merpati Putih No 104
Jakarta Pusat
Dengan hormat,

Sesuai dengan warta lowongan pekerjaan dari PT. Gunung Sebelah yang termuat di harian Republika tanggal 20 Oktober 2011. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gunung Sebelah.
Data singkat saya, menyerupai berikut ini.
Nama : ......................................
Tempat, tgl. lahir : ........................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ......................................

Saya mempunyai kondisi kesehatan yang sangat baik, dan sanggup berbahasa Inggris dengan baik secara ekspresi maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta mempunyai kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan memakai komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, menyerupai Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Sebagai materi pertimbangan, saya lampirkan :
Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
Foto copy akta kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk menawarkan kesempatan wawancara, sehingga saya sanggup menjelaskan secara lebih terperinci perihal potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.


Hormat saya,


Contoh ke 5.

Contoh Surat Lamaran Kerja III


20 Oktober, 2011
Yth;
Bpk. ...............
Direktur SDM
PT. OnLoan Indonesia
Jl. M.T Haryono kav. 10 D
Jakarta Barat


Dengan hormat,

Bersama surat ini saya ingin mengajukan diri untuk bergabung dengan PT. Speed-Ngebut, alasannya yaitu latar belakang dan pengalaman saya dalam menyebarkan departemen pemasaran mungkin akan mempunyai kegunaan bagi perusahaan ini.

Seperti yang telah dijelaskan dalam resume terlampir, saya telah berkarir di PT. Rentenir Berjaya selama 10 tahun, dimulai dari tingkat trainee hingga mencapai jabatan Manajer Pemasaran. Setiap tahun saya selalu sukses melaksanakan peningkatan jumlah nasabah baru, mengelola nasabah yang sudah ada supaya tetap menjadi nasabah yang setia, serta membuka kembali pasar yang sebelumnya telah tertutup.

Sebagai manajer pemasaran, saya bertanggung jawab dalam bidang perekrutan, training dan penyeliaan atas lebih kurang 100 staf Marketing di Jakarta, serta bertanggung jawab tarhadap pengembangan pasar di wilayah Jawa dan Bali.

Saya menantikan kesempatan untuk bertemu Anda, dimana saya akan menjelaskan potensi dan kemampuan diri saya secara lebih terperinci dan mendalam. Saya bisa dihubungi di 08123456123.

Hormat saya,

Contoh ke 6.

Contoh Surat Lamaran Kerja IV - Staff Bank / Teller


Jl. Loker Terbaru No 13
Tambunan, Jakarta 12345


20 Februari 2012
Yth;
Bpk. Gayus Tambunan
Direktur Personalia
PT. Bank Mandi Ri
Jl. Pelajar Malas No 13
Jakarta 34567



Dengan hormat,

Bapak Steve Job, kepala cabang Bank Bank Mandi Ri Depok, yang merupakan sahabat dari orang renta saya, menyarankan untuk menulis surat kepada bapak, mengenai kemungkinan adanya kebutuhan karyawan gres sehubungan dengan akan dibukanya cabang Bank Mandi Ri di tempat Aneka Warna, Jakarta Pusat. Bilamana memang benar, sudilah kiranya Bapak menawarkan kesempatan kepada saya untuk mengisi kebutuhan tersebut.


Seperti tertulis dalam resume terlampir, saya yaitu lulusan Fakultas Keuangan Dan Perbankan Universitas Tri Sakti Jakarta tahun 2004. Saya telah bekerja paruh waktu selama 4 bulan terakhir sebagai cashier di toko elektronik Engadget, Jakarta Pusat.

Saya bisa mengoperasikan komputer untuk melaksanakan pengolahan data maupun pembuatan laporan memakai MS Excel, MS Word dan PowerPoint, dan saya bersedia memakai kemampuan saya tersebut untuk pekerjaan administrasi.

Saya sangat ingin untuk bertemu Bapak dalam suatu kesempatan wawancara, dimana saya sanggup menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Saya sanggup dihubungi di nomor telepon 081-12345678.


Atas perhatiannya, saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya,


Tamara Blesinsky

Contoh ke 7.


Contoh Surat Lamaran Kerja V - Karyawan / Staff


Bandung, 22 Maret 2012


Kepada Yth :
Bapak / Ibu Pimpinan
DISTRO LOKERs

Dengan hormat,

Berdasarkan warta yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dikala ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh alasannya yaitu itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.
Saya tamatan SMA, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta sanggup bekerja sama dalam tim maupun individual.
Sebagai materi pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :
Foto Copy Ijazah Terakhir : 1 Lembar
Pas Photo 4 x 6 : 1 Lembar
Foto Copy KTP : 1 Lembar
Daftar Riwayat Hidup : 1 Lembar


Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar cita-cita saya sudilah kiranya Bapak/Ibu sanggup mendapatkan saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,


Diana Pertiwi

Contoh ke 8.


Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS


Jakarta, 4 Maret 2012
Kepada yth :
Bapak/Ibu Menteri Keuangan
………………
di -
Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama :
Tempat, tgl lahir :
Usia pada tanggal 01/01/2012: ... Tahun, ... bulan
Jenis kelamin :
Agama :
Pendidikan/Jurusan : S-1 ....
Alamat :
Nomor telepon/HP :

Dengan ini memberikan permohonan kepada Bapak/Ibu, supaya kiranya sanggup diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan, dengan jabatan ......... (kode jabatan : ….)

Sebagai materi pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan :
Foto copy Ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar,
Pas photo ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar,
Foto copy Kartu Pencari Kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

Demikian permohonan ini disampaikan, besar cita-cita Saya kiranya Bapak/Ibu sanggup mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 Demikianlah informasi Contoh Surat Lamaran Kerja yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat ....

Sumber http://www.teoripendidikan.com/

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel