Pengertian Dan Penyebab Pemanasan Global (Global Warming)

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan global ialah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18°C (1.33 ± 0.32°F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan temperatur ratarata global semenjak pertengahan kurun ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah beling akhir acara insan melalui efek
rumah kaca.


Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menimbulkan perubahan-perubahan yang lain ibarat naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi (turunnya air dari atmosfer, misal hujan, salju). Akibat-akibat pemanasan global yang lain ialah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya banyak sekali jenis hewan. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.

Protokol Kyoto ialah kesepakatan internasional Konvensi Kerangka Kerja PBB ihwal Perubahan Iklim (UNFCCC atau FCCC), yang ditujukan untuk melawan pemanasan global. UNFCCC ialah perjanjian lingkungan hidup internasional dengan tujuan mencapai “stabilisasi konsentrasi gas rumah beling di atmosfer pada tingkat yang akan mencegah gangguan antropogenik yang berbahaya dengan sistem iklim.”

Protokol Kyoto awalnya diadopsi pada tanggal 11 Desember 1997 di Kyoto, Jepang, dan mulai berlaku pada tanggal 16 Februari 2005. Pada April 2010, 191 negara telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto.

Penyebab dari Pemanasan Global

Banyak hal yang menjadi penyebab dari terjadinya pemanasan global (gobal warming). Semakin banyak penyebabnya, maka akan semakin kompleks cara mengatasi pemasana global yang kini sudah terjadi di Indonesia, bahkan di dunia. Tapi bukan mustahil semua sanggup di cari solusinya, hanya saja yang terjadi ialah insan banyak yang tidak mau melaksanakan solusi untuk mengatasi pemanasan global tersebut.

Jika kita kembali kepada topik goresan pena ini, mengapa penulis mengambil tema pemanasan global tidak lain lantaran memang hal ini telah menjadi informasi yang berkepanjangan dan tampaknya tidak tahu kapan ujungnya.

Contoh kecil dari semua itu adalah, dengan selalu naiknya suhu panas bumi, sehingga banyak insan yang mengeluh, dan mencari alternatif dengan menggunakan AC. Padahal AC juga punya tugas dalam pemanasan global. Banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak tahu penyebab dari pemanasan global menjadi alasan bagi saya untuk menulisnya. Berikut Ulasannya
Penyebab Dari Rumah

Penyebab Dari Lingkungan

Penyebab Dari Alam

Penyebab Dari Kebijakan Pemerintah

Pengertian Pemanasan Global


Beberapa penyebab ihwal pemanasan global di dunia


.Penyebab Dari Rumah
1.Boros Listrik

Penggunan listrik yang masuk akal dan sesuai kebutuhan tentu prilaku insan bijak. Semua orang menginginkan hal tersebut sanggup di lakukan oleh setiap individu. Tapi, ternyata untuk irit dalam penggunaan listrik bukanlah pekerjaan yang gampang bagi sebagian besar orang. Akibatnya, hal ini sebagai penyumbang pemanasan global terjadi.

Himbaun atau kampanye irit listrik (save energy) sudah banyak di lakukan, tapi tetap saja banyak rumah yang boros dalam pemakaian listrik.

2. Halaman Rumah tanpa pepohonan


Lindungi pemanasan global dengan menanam pohon di rumah


Tumbuhan hijau atau pepohonan sanggup menciptakan udara menjadi sejuk dan menetralkan suhu udara sehingga sanggup di simpulkan bahwa pohon (tumbuhan) sanggup mengatasi suhu panas yang tinggi. Jika memang benar demikian, maka selayaknya setiap rumah mau menanam pohon di pekarangan rumahnya. Tapi hal ini juga tidak dilakukan oleh banyak rumah, apakah lagi rumah di perkotaan yang lebih menentukan membangun gedung daripada menanam pepohonan hijau.

Kalau setiap pekarangan atau halaman rumah tidak ada pohon, maka wajarlah yang namanya pemanasan global itu terjadi.

3. Model Rumah Kaca


Salah satu dari banyaknya pemanasan global terjadi lantaran model rumah atau gedung dengan konsep rumah kaca. Sehingga dari rumah beling memantulkan cahaya ke udara, bukan menyerap sinar matahari. Jika satu atau dua rumah saja maka tidak terlalu berdampak. Namun yang terjadi bukan saja rumah, gedung -gedung pencakar langit pun menggunakan konsep bangunan kaca. Jika yang terjadi demikian, maka pemanasan global ialah “prestasi” yang di hasilkan dari banyak rumah dan gedung yang bermodelkan  kaca.

Kembali ke halaman atas

.
Penyebab Dari Lingkungan

Polusi industri pabrik menambah pemanasan global

4. Bahan Bakan Kenderaan

Bahan bakan dari kendaran selain mengganggu bagi kesehatan manusia, juga sanggup memperlihatkan bertambahnya pemasanasan global dari polusi udara yang di hasilkan.

Kita ketahui, jumlah kendaraan terus bertambah, tidak ada pengurangan. Pengguna sepeda motor dari tahun ketahun terus meningkat penggunanya. Begitu juga dengan pengendara kendaraan beroda empat tidak mau kalah. Sementara sepeda motor dan kendaraan beroda empat yang usang tidak di musnahkan atau tetap di biarkan beredar.

Update jumlah kendaraan di Indonesia sanggup di lihat di sini _http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=17¬ab=12

5. Polusi asap dari industri Pabrik

Dengan alasan membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia, maka banyak pabrik industri yang tumbuh dan berkembang. Tidak lain dan tidak bukan untuk mensejahterakan rakyat. Supaya sanggup mendapat penghasilan dengan bekerja. Masuk akal?# mikir

Jika pernyataan di atas benar, maka masuk akal kalau kita mendapatkannya, ya mendapat rasa panasnya bumi lantaran banyak polusi asap dari pabrik industri. Ini memang dilema, di satu sisi untuk kepentingan rakyat, tapi di sisi lain mengorbankan eksistensi bumi.

Untuk mengetahui jumlah pabrik besar dan sedang di Indonesia, maka Anda sanggup lihat di sini _http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=09¬ab=2

6. Pembakaran Hutan dan ilegal loging


Apakah Anda tahun berapa hektar jumlah hutan Indonesia? Dan sudah berapa berkurang akhir pembakaran hutan dan ilegal loging?

Sumber mangatakan bahwa sekitar 50 % pemanasan global disebabkan oleh CO2, dimana emisi CO2 disebabkan oleh penggunaan materi bakarfosil dan kerusakan/pembakaran hutan.

Hutan banyak fungsi, di samping sanggup mencegah terjadinya banjir, hutan juga sanggup mereduksi suhu geothermal yang cendrung meningkat.

Tapi apa yang terjadi kalau hutan sebagai warisan nenek moyang di bakar dan di tebas (baca: di curi) oleh oknum yang tidak bertanggung jawab?

Dalam mencegah pembakaran hutan dan ilegal loging, tugas pemerintah harus serius dalam menanganinya , lantaran sudah banyak terjadi dan terus terjadi beberapa bulan kemudian di provinsi Riau.

Kembali ke halaman atas

.
Penyebab Dari Alam



7. Usia Bumi Yang sudah tua


Berapa umur planet bumiPlanet bumi yang sudah  mencapai usia 4,6 miliar tahun menjadi penyebab juga. Artinya sudah sangat tua. Ibarat insan kalau sudah tua, niscaya banyak penyakit yang gampang menyerang. Begitu juga bumi. Penyakit yang diderita bumi hari ini ialah pemanasan global dan hujan asam serta banyak lagi yang lain.

Nah, yang menjadi pertanyaan ialah apakah lantaran bumi sudah tua, kemudian pemasanan global tidak sanggup di atasi? Jika ada solusi, bagaimana cara mengatasi pemanasan global yang terjadi ? Anda sanggup baca di sini untuk tanggapan dari pertanyaan tersebut. klik sekarang.

8. Bocornya lapisan ozon

Sinar matahai yang memancar kebumi tidak eksklusif hingga kebumi, lantaran ada laipsan ozon yang melaksanakan filter terlebih dahulu. Hal itu kalau memang lapisan ozon memang masih normal. Yang terjadi kini ini ialah lapisan ozon sudah menipis bahkan ada yang bilang sudah bocor.

Sebuah sumber menyampaikan bahwa: “Berdasarkan pemantauan menggunakan instrumen Total Ozone Mapping Spectrometer (TOMS) pada satelit Nimbus 7 dan Meteor 3, kerusakan ini telah menjadikan sebuah lubang yang dikenal sebagai lubang ozon di kedua kutub bumi.”_http://riorenhardputra13030.blog.teknikindustri.ft.mercubuana.ac.id/?cat=2

Oleh lantaran itu ada di peringati hari ozon internasional yang jatuh setiap tanggal 16 Setember. Anda sudah tahukan?

.
Penyebab Dari Kebijakan Pemerintah


Pemerintah sanggup mencegah atau minimal mengurangi terjadinya pemanasan global khususnya di Indonesia. Karena pemerintah punya power yang sanggup menciptakan regulasi – regulasi. Tapi apa yang terjadi kini ini dengan acara pemerintah dalam mengatasi persoalan pemanasan global? Di bawah ini beberaapa fakta yang terjadi

9. Minimnya ruang terbuka hijau



Design ruang terbuka hijau terbaik untuk kota


Pakar tata kota dari Universitas Trisakti, Jakarta, Nirwono Yoga, menilai sejauh ini belum ada lonjakan persentase yang berarti terhadap jumlah ruang terbuka hijau (RTH) yang ada di Jakarta, sebagaimana di lansir dari media online _http://koran-jakarta.com.

Upaya pemerintah di setiap tempat sangat minim untuk membangun ruang terbuka hijau. Hal ini sanggup di lihat dengan susah sekali kita menemukannya. Walau kini ada beberapa kota ibarat Bandung dan Surabaya yang sedang menggalakkan. Maka hal itu sanggup di jadikan pola bagi kota-kota lain.

10.Jumlah kendaraan terus bertambah

jumlah kendaraan menciptakan pemanasan global dan macet jalan

Hal ini sudah di bahas di atas, tapi ini hal ini harus mendapat perilaku dari pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan dalam kendaraan bermotor. Misal dengan keluarnya kendaraan terbaru, maka kendaraan tahun usang sanggup di cabut atau di daur ulang atau apalah. Yang penting jumlah kendaraan bermotor sanggup berkurang, bukan malah bertambah.

Yang terjadi ketika ini ialah jumlah kendaraan bermotor bertambah, namun tidak di barengi dengan infrasrtuktur jalan, sehingga bukan hanya polusi udara yang berdampak kepada pemanasan global terjadi, kemacetan pun selalu menghiasi jalan.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi 10 Penyebab dari Pemanasan Global (Global Warming). Mungin masih banyak lagi penyebabnya. Jika pembaca memiliki pendapat lain, silahkan tulis di kolom komentar.

Sekarang kita akan membicarakan ihwal pengertian atau definisi dari pemanasan global. Banyak bahwasanya pendapat dari pemanasan global yang dengan gampang di temukan, tapi pendapat manakah yang relevan? Berikut beberapa pengertian pemasanan global yang sanggup Anda baca.

.
Sumber http://www.teoripendidikan.com/

0 Response to "Pengertian Dan Penyebab Pemanasan Global (Global Warming)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel