Macam-macam Kebutuhan Manusia Dilihat dari Berbagai Sudut Pandang

Macam-macam kebutuhan manusia sangatlah banyak dan beragam. Antara satu individu dan individu lain memiliki kebutuhan yang tidak sama-beda yang dipengaruhi juga oleh beberapa faktor-faktor pemicunya sebagaimana telah dijelaskan pada artikel 6 Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia. Namun untuk mempermudah mengidentifikasi banyaknya macam keperluan manusia tersebut, kita dapat mem untuknya ke dalam beberapa kategori berikut ini.

Kebutuhan dilihat dari Intensitas Kegunaan
Kebutuhan dilihat dari intensitas (tingkat) kegunaan diukur dengan prioritas atau ukuran tingkat penting suatu kebutuhan. Macammacam Kebutuhan dilihat dari intensitasnya yaitu:

1) Kebutuhan Primer (pokok)
Kebutuhan primer (pokok) ialah kebutuhan minimal yang mutlak harus dipenuhi untuk hidup sebagai layaknya manusia. Tahukah kita apa saja yang termasuk kebutuhan ini? Kebutuhan primer meliputi makanan dan minuman, pakaian, serta tempat tinggal. individu di daerah tropis memakai baju berbahan katun, individu di kutub memakai jaket tebal dari kulit binatang.

Dalam hal kebutuhan makanan, untuk hidup sehari-hari diperlukan rata-rata 2.100–2.500 kalori per hari. Adapununtuk kebutuhan rumah, masalahnya bukan hanya ada tidaknya tempat berteduh, tetapi juga tersedianya penerangan listrik, sumber air bersih, tempat mandi, buang air, sanitasi, keamanan, dan sebagainya. Demikian pula untuk pakaian, setidaknya baju harus layak digunakan. Pada perkembangannya kebutuhan primer ini juga menyangkut kebutuhan akan pendidikan. Karena dengan pendidikan, individu dewasa memiliki keterampilan di bidang tertentu untuk bekal mencari nafkah pribadi.

macam macam kebutuhan manusia


2) Kebutuhan Sekunder (pelengkap)
Manusia ialah makhluk yang berbudaya dan bermasyarakat, sehingga keberadaannya menuntut kebutuhan selain kebutuhan primer. Kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer disebut kebutuhan sekunder (tambahan). Kebutuhan sekunder terkait erat dengan faktor lingkungan hidup dan tradisi masyarakat serta faktor psikologis. individu yang mempunyai kedudukan di masyarakat sering merasa harus mempunyai kebutuhan supaya dipkitang layak, misalnya pakaian pesta, sepatu bermerek, komputer, sumbangan atau sedekah dan lain sebagainya.

3) Kebutuhan Tersier (mewah)
Setelah kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan terpenuhi akan muncul kebutuhan tersier (barang mewah) untuk dipenuhi. Kebutuhan tersier lebih terarah pada tujuan untuk mempertinggi status sosial (prestise) individu atau terkait dengan hobi dan kegemaran tertentu. misal kebutuhan tersier ialah mobil mewah, perhiasan, vila, dan ain-lain. Perlu kita ketahui bahwa penggolongan kebutuhan dilihat dari intensitasnya bersifat relatif dan tidak sama antara satu individu dengan lainnya. Semua itu tergantung dari pendapatan, tingkat pendidikan, kepentingan, lingkungan, dan keadaan sosial budaya daerah setempat. Ada barang yang tergolong sebagai kebutuhan tersier  untuk individu, namun bisa menjadi kebutuhan sekunder  untuk individu lain. Misalnya, satu perangkat komputer yang canggih merupakan kebutuhan mewah  untuk seindividu ibu rumah tangga. Namun,  untuk seindividu programer (pembuat program) komputerkeberadaan komputer tersebut merupakan kebutuhan pokok.

Kebutuhan dilihat dari Bentuk dan Sifatnya
Menurut bentuk dan sifatnya, kebutuhan manusia di untuk menjadi:

1) Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani (materiil) diperlukan untuk memenuhi keperluan jasmani (raga) individu. Kebutuhan ini misalnya makanan sehat, pakaian bersih, tempat berlindung, olahraga, dan lain-lain.

2) Kebutuhan Rohani
Kebutuhan rohani (spiritual) diperlukan untuk memenuhi keperluan rohani (jiwa atau pikiran) individu. Jika kebutuhan rohani dipenuhi maka individu akan mendapat kepuasan batin. misal kebutuhan rohani antara lain pendidikan, ibadah, dan rekreasi.

Kita telah mengetahui kebutuhan jasmani dan rohani, keduanya memang harus dipenuhi secara seimbang. Artinya, kita tidak hanya mengutamakan kebutuhan jasmani saja tetapi juga kebutuhan rohani. Dengan bersekolah, kita telah memenuhi kebutuhan rohani yang utama. Kelak, keahlian dan keterampilan yang kita peroleh dari sekolah akan menjadi bekal berharga dalam usaha memenuhi berbagai kebutuhan lain.

c. Kebutuhan dilihat dari Waktu Pemenuhan
Pem untukan kebutuhan atas dasar waktu di untuk menjadi:

1) Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang ialah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan harus didahulukan. Yang termasuk kebutuhan ini misalnya makan, minum, dan kesehatan. Kebutuhan sekarang bersifat rutin dan barang yang diperlukan se untukan besar merupakan barangbarang kebutuhan pokok yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang tidak dapat ditunda atau bersifat mendesak. Misalnya manusia membutuhkan obat di saat sakit, payung di saat hujan, dan makanan ketika merasa lapar.

2) Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan ialah kebutuhan yang pemenuhannya sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Misalnya kebutuhan untuk memiliki rumah pribadi dan pendidikan anak.
Pemenuhan kebutuhan masa depan biasanya dilakukan dengan menabung.

3) Kebutuhan yang Tidak Tentu Waktunya atau Tidak Terduga
Kebutuhan ini terjadi tiba-tiba dan bersifat insidentil (kadangkadang terjadi). Misalnya, kebutuhan berupa bantuan untuk saudara yang tertimpa musibah dan biaya pengurusan kecelakaan.

4) Kebutuhan Sepanjang Waktu
Kebutuhan ini memerlukan waktu yang lama dan boleh dikatakan sepanjang waktu. Kebutuhan ini misalnya kebutuhan menuntut ilmu atau belajar. Saat ini, belajar atau mencari ilmu merupakan kebutuhan pokok  untuk manusia dan diperlukan sepanjang hidupnya. Untuk itu, manusia membutuhkan pendidikan.

Apa yang dapat kita pahami dari uraian berbagai kebutuhan dilihat dari waktu? Tentunya kita tidak ingin terjebak pada cara berpikir keliru, yaitu asal senang dan puas sekarang, Adapunkebutuhan masa depan tidak dipikirkan. Sebagai calon ekonom yang bijaksana, kita perlu memandang ke arah masa depan dan membuat perencanaan mulai dari sekarang. Percayalah, dengan ”berakit-rakit ke hulu” atau ”sehari selembar benang” kita akan mencapai kesuksesan di masa datang.

Kebutuhan dilihat dari Subjek
Penggolongan kebutuhan ini berdasarkan siapa pada yang membutuhkan.

1) Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu (perindividuan) ialah kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing individu. Kebutuhan antara individu yang satu dengan yang lainnya tidak sama. Misalnya kebutuhan seindividu anak tidak sama dengan individu dewasa, kebutuhan nelayan tidak sama dengan seorang petani, dan kebutuhan seorang pelajar tidak sama dengan karyawan.

2) Kebutuhan Kelompok
Kebutuhan kelompok (kolektif) ialah kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok individu secara bersama-sama, misalnya masyarakat dalam satu desa atau kota. Kebutuhan kelompok yang berwujud misalnya jalan, jembatan, listrik, dan angkutan umum. Kebutuhan kelompok yang tidak berwujud misalnya keamanan, ketertiban, kebersihan umum, dan menang dalam pertandingan. Berbagai kebutuhan kelompok tersebut diselenggarakan oleh umum, dengan jalan usaha bersama dan atau dibiayai oleh pemerintah dari uang hasil pajak.

Rangkuman
1. Kebutuhan manusia secara garis besar dapat dikategorikan menjadi 4, yaitu:
  • Kebutuhan dilihat dari Intensitas Kegunaan
  • Kebutuhan dilihat dari Bentuk dan Sifatnya
  • Kebutuhan dilihat dari Waktu Pemenuhan
  • Kebutuhan dilihat dari Subjek
2. Kebutuhan dilihat dari intensitas kegunaan meliputi kebutuhan primer. sekunder dan tersier
3. Kebutuhan dilihat dari bentuk dan sifatnya meliputi kebutuhan jasmani dan rohani
4. Kebutuhan dilihat dari waktu pemenuhan meliputi Kebutuhan sekarang, masa depan, tidak tentu 5. dan sepanjang waktu
6. Kebutuhan dilihat dari subjeknya terdiri dari kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok


Demikian Macam-macam kebutuhan manusia dilihat dari berbagai sudut pandang, baca juga 

0 Response to "Macam-macam Kebutuhan Manusia Dilihat dari Berbagai Sudut Pandang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel