Penjelasan 4 Macam Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia dapat kita bedakan ke dalam beberapa kategori, tergantung dari sudut mana kita memandang.  Kebutuhan manusia dapat kita golongkan antara lain menurut intensitas kegunaannya, waktu pemenuhannya, sifat kebutuhannya dan subjek yang memiliki kebutuhan.

Pada artikel ini, kita akan mengenal bersama beberapa jenis kebutuhan menurut kategori-kategori yang telah disebutkan diatas. Dan apabila kita gambarkan dalam sebuah bagan, maka hasilnya kurang lebih sebagai berikut:


Dan untuk lebih rincinya, simak penjelasan berikut:

1. Kebutuhan menurut Intensitas Kegunaan

Menurut intensitas kegunaannya, kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga; kebutuhan primer, sekunder dan tersier.


  • Kebutuhan primer; Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok manusia yang apabila tidak dapat terpenuhi akan mengganggu keberlangsungan hidup manusia. Yang termasuk kebutuhan primer antara lain pangan, sandang, papan,dan kesehatan.
  • Kebutuhan sekunder; Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang sangat penting, tetapi kebutuhan ini dapat dinomor duakan. Hal ini dikarenakan apabila kebutuhan sekunder tidak terpenuhi tidak mengganggu kelangsungan hidup. contohnya, telepon dan sarana angkutan.
  • Kebutuhan tersier; Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan manusia akan barang mewah. Pemenuhan akan kebutuhan ini lebih cenderung diniatkan untuk menampakkan status sosial atau prestise seseorang di mata khalayak.


2. Kebutuhan Menurut Waktu

Menurut waktu pemenuhannya, kebutuhan dibagi menjadi kebutuhan sekarang dan akan datang.

  • Kebutuhan Sekarang; merupakan kebutuhan yang menuntut untuk dipenuhi saat ini juga dan tidak dapat ditunda. Adanya penundaan pemenuhan kebutuhan ini akan berakibat buruk pada manusia yang bersangkutan. Contohnya, obat bagi orang yang sakit.
  • Kebutuhan Masa Depan; merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditempuh di kemudian hari dan bisa ditunda karena sifatnya tidak mendesak alias belum dibutuhkan. Contohnya, adalah jas hujan saat musim panas.

3. Kebutuhan Menurut Sifatnya

  • Kebutuhan jasmaniah; merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik yang dapat dilihat. contohnya, makan, olahraga, dan istirahat.
  • Kebutuhan rohaniah; merupakan kebutuhan yang memiliki sifat rohani, berhubungan dengan kepuasan jiwa manusia. contohnya, beribadah, bersosialisasi,rekreasi, dan hiburan.

4. Kebutuhan Menurut Subjeknya

  • Kebutuhan individual; adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh perseorangan atau individu. contohnya, seseorang membutuhkan alat bantu melihat seperti kaca mata.
  • Kebutuhan kolektif; adalah kebutuhan untuk bersama atau kelompok. contohnya, jalan raya, rumah sakit, dan sekolah.

Demikian penjelasan 4 macam kebutuhan manusia. Semoga bermanfaat !

0 Response to "Penjelasan 4 Macam Kebutuhan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel